ilham’s Life Journal

Icon

not another life journal

Pemimpin itu Cermin Rakyat…

Saya ingin berbicara tentang kepemimpinan. Tentang seberapa besar peran pemimpin. Mungkin tulisan ini latah, karena tulisan tentang pemimpin awalnya ditulis oleh teman saya.

Imam Ahmad rahimahullah berkata: “jika aku memiliki satu doa (yang pasti dikabulkan Allah),maka akan kuberikan doa itu untuk kebaikan pemimpin”

Jika pemimpin Anda baik, maka akan baik juga  negeri ini. Tidak perlu ada FPI melakukan pengrusakan tempat maksiat, karena kemaksiatan sudah tidak dizinkan sama sekali. Tidak perlu ada UU Pornografi, karena yang ada UU anti pornografi (ini opini saya sendiri terhadap UU pornografi, artinya pornografi itu diatur. Sementara UU antipornografi, pornografi tidak dibolehkan). Juga dalam segi-segi yang lain. Tidak mungkin pemimpin itu menipu rakyatnya.

.

Mari kita memperbaiki diri jika ingin pemimpin kita baik. Karena pemimpin itu adalah cermin dari rakyatnya! Mari berinstropeksi! :).

Jika kita melihat wakil rakyat kita korupsi, tukang selingkuh, kayak anak TK, tukang jual aset negara. Maka tuduhlah dulu diri kita. Bagaimana kualitas diri kita? Pencuri pastilah mengangkat ahli pencuri sebagai pemimpinnya. Sebagaimana orang baik akan mengangkat orang paling baik sebagai pemimpin mereka.

Bahkan, pemimpin yang baik saja, tidak akan membatu selama rakyatnya orang-orang yang rusak!

Saya teringat percakapan Ali Radiyallahu Anhu dengan salah seorang rakyatnya:

Rakyat: Hei Amirul mukminin, kenapa di saat kamu memimpin negara kita ini kekacauan melanda. Banyak terjadi pembunuhan, dan kemungkaran-kemungkaran lainnya. Tidak seperti zamannya Abu Bakar Ra dan Umar bin Khatab Ra dimana keadaan aman-aman saja

Ali ra: Ketahuilah, Ketika Abu Bakar dan Umar memimpin, rakyatnya itu seperti aku. Sementara saat aku memimpin, rakyatnya itu seperti kamu

Rakyat tersebut hendak menggugat Ali Ra yang dianggap tidak becus memerintah. Adakah kita sudha berintropeksi?

Maaf, kalo tulisan ini tidak mencantumkan dari mana saya mengambil perkataan Imam ahmad bin hanbal dan Ali bin abi thalib di atas, saya pernah membacanya di dua buku yang berbeda, hanya saja tidak bisa menemukan sumber versi onlinenya. mungkin pembaca bisa menambahkan?

Advertisements

Filed under: Daily journal, , , , ,

11 Responses

  1. baobaz says:

    Ali ra: Ketahuilah, Ketika Abu Bakar dan Umar memimpin, rakyatnya itu seperti aku. Sementara saat aku memimpin, rakyatnya itu seperti kamu.

    Ham, bukannya ini juga menandakan bahwa pemimpinnya itu buruk karena seperti kamu bilang, pemimpin itu adalah cerminan rakyat dan ternyata dalam rakyatnya banyak terjadi kekacauan berarti pemimpinnya juga kacau donk!

  2. milham says:

    @baobaz
    bukan gitu zan….
    logikanya sih, waktu Abu bakar ra dan Umar ra yang mimpin. Rakyatnya itu kayak Ali, orang bae2. Akhirnya jadinya baiklah keadaan

    Tapi waktu Ali ra yang mimpin, rakyatnya kayak orang yang nanya itu yang suka berbuat kerusakan. walhasil buruk gitu namanya…
    Maksud si orang itu sebenarnya mau bilang kalo Ali ra tuh gak becus mimpin, makanya keadaan jadi kacau balau.
    orang itu mau nyalahin pemimpin (ali ra). Tapi sama ali dibilangin gitu. Seolah olah mau bilang: “Ngaca donk lw, lw pikir cuma gw yg salah. liat aja orang-orang yang gw pimpin kayak lw. suka sekate-kate 😀 ”
    Mungkin gitu maksudnya 😀

  3. viestinlove says:

    Ali ra: Ketahuilah, Ketika Abu Bakar dan Umar memimpin, rakyatnya itu seperti aku. Sementara saat aku memimpin, rakyatnya itu seperti kamu.

    coba koreksi pemikiranku pas baca ini : berarti ali merasa tidak beruntung ketika memimpin, yang dipimpin malah bejat2, gitu?

  4. nonasheila says:

    gw setuju ama iis, itu karena ali gak beruntung mendapat rakyat yang mentalnya tempe.

    tapi kalo dikaitkan ama postingan-mu maknanya jadi jelek. kesannya ali malah seperti pemimpin gak mampu gitu. sama seperti pepatah guru kencing beridiri, murid kencing berlari.

    makanya gw suka kalo pemimpin itu punya idealis dan konsisten. kalo mnurut dia A salah maka hukumlah smua A yang salah.

    gw lebih suka pemimpin yang “menggunakan segala cara” untuk mencapai idealismenya itu.

    masalahnya adalah, idealisme nya itu harus yang baik2.

    P.S : makanya pilih prabowo 😆 *kabur*

  5. milham says:

    @viestinlove…

    ali memang tidak beruntung….
    jadi rakyatnya itu hanya menggugat kebikan ada pada diri ali, tapi mereka tidak berusaha melakukan perbaikan…

    Karena rakyatnya yang udah parah gitu.. Ali enggak bisa ngambil keputusan cepat. Misalnya mengadili pelaku pembunuhan Utsman…

    Ali nya enggak buruk kok… berarti perlu penyesuaian lagi nih artikel….

  6. bahkan Ali saja yang jelas2 orang baik, tetapi ketika rakyatnya parah2 gitu aja pemerintahannya ikut jadi rusak…

    gimana disaat pemimpin kita belum ketahuan baik atau tidaknya?

    @shela
    gw lebih suka pemimpin yang “menggunakan segala cara” untuk mencapai idealismenya itu.
    ———————————–
    Termasuk perang she? 🙂

  7. putrinegriangan says:

    sekian hari berkutat di Facebook, makin keliatan, mana yang bener2 pengen jd pemimpin.. dan mana yang diminta bahkan diharapkan bisa jadi pemimpin..

    Put mah ngga mau milih pemimpin yang mencalonkan diri.. selain karna emang ngga boleh, mari kita menghitung modal yang mereka keluarin.. 🙂

    ngga ada yang mau rugi kan Am?

    ketimbang buang2 duit buat ngedapetin sebuah jabatan, sering dimaki – maki pula, ketauan buat bisnis.. [itu kalo niatnya baik]

    think simple aja deh..

    Jadi.. DELAPAN, am? [teteup..]

    :mrgreen:

  8. Landhes says:

    Hohoho..
    bagus untuk memulai memperbaiki diri
    Karena susah banget untuk menyadari kekurangan diri kita sendiri

  9. Joe says:

    Jika kita baca buku “Kenapa Berbikini Tak LAnggar UU Pornografi,” (ada di gramedia) maka yang menolak UU POrn seharusnya mendukung, sebalilknya yang mendukung seharusnya menolak. Kenapa bisa begitu? Dunia memang sudah terbolak-balik. Biar kita tidak terbolak-balik juga, maka buku di atas sangat penting tuk dibaca.

  10. Cari kerja says:

    Kita sebagai rakyat juga harus memilih pemimpin yang taqwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Dear Reader

Online  Free Image Share Hosting

"Do the Best let's Allah do the rest"
-Muhammad Ilham-

Ini hanya journal kehidupan saya. Saya menulis tentang hal yang menarik dan saya senang menulisnya.

Saya menulis tentang hal-hal yang saya yakini, atau sekedar yang sudah saya alami, TErkadang saya menulis yang saya ingin pelajari Saya suka berdiskusi, namun tidak menyukai perdebatan.

Mari wujudkan hidup yang damai, tentram di bawah naungan iman dan islam.

Lebih dan kurangnya terima kasih sudah berkunjung di journal sederhana ini. Untuk mengetahui saya lebih lanjut, silahkan lihat Profil saya

Atau:

Demi Masa

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: