ilham’s Life Journal

Icon

not another life journal

Islah: sebuah klarifikasi

Kita tidak bisa melakukan perbaikan jika kita tidak melakukan kesalahan!

Kesalahan adalah sesuatu pembelajaran. Kesalahan adalah pendewasaan. Kesalahan adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan. Seseorang yang melakukan kesalahan harus dibijaki dengan bijaksana dan proporsional. Selalu hukumi seseorang berdasar kesalahannya, jangan melebih-lebihkan akan tetapi jangan juga berdiam diri terhadap kesalahan yang terjadi! Merupakan kesalahan ketika anda mendiamkan kesalahan. 🙂

Inilah yang kita semua alami. Dan sebaik-baik pembuat kesalahan adalah bertobat, tidak mengulanginya dan menyesal melakukannya.

“Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Tidaklah pantas bagi seorang Mukmin itu terjatuh dalam satu lubang dua kali.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tulisan ini tentang islah atau perbaikan dan klarifikasi untuk tulisanku sebelumnya. Tulisan itu akhirnya mempertemukan dan membuat saya kenal dengan beliau (nama aslinya baiknya tidak akan saya sebutkan). Tulisan ini adalah islah yang kami lakukan setelah pertemuan di kos saya. Adapun hal-hal yang kami bicarakan:

  1. Tulisan itu adalah tentang seseorang. Mengapa menjadi melebar hingga menjadi sebuah lembaga (badan usaha), dan menyerang orang-orang suatu manhaj tertentu?
  2. Apa yang saya pikirkan sebelum saya mempublish tulisan ini di blog? yang mana kita tahu bahwa berita di internet sangatlah cepat menyebarnya. Dan mengapa tidak klarifikasi langsung ke orangnya seperti etika mengkritik yang seharusnya bersifat rahasia dan personal.
  3. permintaan maaf dari beliau jika ada yang menyinggung saya dan semoga kita saling legowo. Beliau juga berterima kasih tulisan saya mengandung sikap prasangka baik yaitu dengan perkataan saya mungkin itu pembawaan.
  4. Implikasi dari tulisan ini yang bisa sangat panjang sekali, karena mencantumkan tentang sebuah badan usaha. Dikhawatirkan, masalah ini akan menjadikan rusak nama baik badan usaha tersebut. Read the rest of this entry »

Filed under: Daily journal, , ,

Dear Reader

Online  Free Image Share Hosting

"Do the Best let's Allah do the rest"
-Muhammad Ilham-

Ini hanya journal kehidupan saya. Saya menulis tentang hal yang menarik dan saya senang menulisnya.

Saya menulis tentang hal-hal yang saya yakini, atau sekedar yang sudah saya alami, TErkadang saya menulis yang saya ingin pelajari Saya suka berdiskusi, namun tidak menyukai perdebatan.

Mari wujudkan hidup yang damai, tentram di bawah naungan iman dan islam.

Lebih dan kurangnya terima kasih sudah berkunjung di journal sederhana ini. Untuk mengetahui saya lebih lanjut, silahkan lihat Profil saya

Atau:

Journal’s Page

Journal Category

Calendar

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031