ilham’s Life Journal

Icon

not another life journal

Seruan solidaritas untuk palestina!

Dari ceramah yang kemarin saya ikuti di mesjid kampus UGM, saya bisa mendapatkan beberapa point sperti berikut:

Syarat halal itu ada 2:

1. Halal Dzatiyah

Yaitu halal secara dzat (bahan penyusun). Di sini yang berperan menentukkannya adalah Majelis Ulama Indonesia dengan mencantumkan logo halal pada kemasan.

2. Halal Li Ghairihi

Yaitu halal secara bagaimana mendapatkannya, dan bagaimana penggunaannya. Misalkan saja ayam goreng dalah halal. Tetapi ketika kita mendapatkannya dengan mencuri maka dia menjadi haram. Juga contoh lain baygon. Ketika dibeli adalah halal, tapi kemudian jika dipakai untuk bunuh diri maka menjadi haram.

Nah, inilah terjadi pada palestina dan aksi kemanusiaan di belahan dunia manapun. Jika ada perusahaan yang jelas-jelas mendukung perang, maka jelas kita akan hindari bukan? Sehingga jika ada perusahaan yang betul-betul mengatakan bahwa AKU MENDUKUNG PENYERANGAN KE PALESTINA, tentu kita akan sepakat :JANGAN BELI PRODUKNYA!

Akan tetapi, tidak ada perusahaan yang benar-benar mengakui seperti ini. Sehingga perlu diadakan riset, apakah benar mereka mendukung penyerangan ke Palestina! Ingat bahwa biaya perang sangat mahal, mereka butuh sumber dana yang tidak tak terbatas. Sebagian pihak mengklaim (mudah-mudahan ini adalah hasil riset) inilah produk-produk yang membantu Israel:picture72boikot-israel-1boikot

Mungkin ada diantara kita yang berkomentar? apa mungkin kita bisa memboikot mereka? apa kita mau hidup seperti zaman batu?

Yang bertanya saya yakin paradigmanya (cara pandangnya) sudah salah kaprah! Atau dia tidak tahu yang sebenarnya!

Sesuai hadits nabi SAW:

Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran (hal yang keji, buruk), maka hendaklah ia mengubah kemungkaran itu dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka dengan lisannya. Kalau tidak sanggup, maka dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemah iman (HR. Muslim No.29)

Boikot ini akan menjadi senjata efektif. Selama kita konsisten melaksanakannya, walaupun hanya mengurangi membeli Coca-cola seminggunya. Walau hanya mengurangi makan di pizza hu tsetiap minggunya. Atau tidak usahlah kita nongkrong di Starbucks, ganti nongkrong di angkringan aja 🙂

Dan kewajiban kita adalah melaksanakan yang kita mampu! Melaksanakan yang kita bisa! Cari barang-barang substitusi ketimbang kita menggunakan barang yahudi, atau jika memang tidak ada ataupun tidak bisa, pastikan hati anda mengingkarinya! Ya memang kita dalam keadaan lemah, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengingkarinya

Penyakit orang Indonesia!

Penyakit orang Indonesia:

1. Kalo diperintahkan mangkel.

Misalkan saya bilang: Boikot yahudi !

pasti mencemooh, bilang gak mungkin, nonsense, segala macemlah. Ininya gak mau ngelakuin

2. Kalo diajak enggan.

Misalkan saya bilang:  Sebaiknya kita menghindari mengkonsumsi barang-barang Yahudi dan mulai mencari substitusi

pasti kita beranggapan: “ah, cuma himbauan”, atau kalo enggak kan gak apa-apa

3. Kalo di diemin melunjak!

Kalo saya gak nulis kayak gini. Mereka bilang:” oh, gak ada yang ngingetin kok.” atau “kok Gak ada yang ngasi tahu saya ya?” dan segudang alasan lain dan dia bablas make!

4. Susah diajak kerjasama

Misalkan MUI bilang bunga bank haram. Eh, gak ada yang melaksanakan. Atau ketika ada sebagian orang yang bertekad ingin memboikot, yang lain malah melemahkan!

Aduh!! gimana ini?

Filed under: Daily journal, ,

14 Responses

  1. Bagus Diandita says:

    kalo disuruh malah ngelanggar yaudah kasi tau aja mereka

    1. bagi yang mau kena penyakit tulang keropos, minum fanta
    2. yang pingin kencing batu, minum coca-cola dkk
    3. yang piingin liat ADEK kita, IBU kita mati ditembak(anak2 kecil & ibu2 palestina) beli produk UNILEVER, DANONE!!!
    selamat mencoba!!!

  2. kalo disuruh malah ngelanggar yaudah kasi tau aja mereka

    1. bagi yang mau kena penyakit tulang keropos, minum fanta
    2. yang pingin kencing batu, minum coca-cola dkk
    3. yang piingin liat ADEK kita, IBU kita mati ditembak(anak2 kecil & ibu2 palestina) beli produk UNILEVER, DANONE!!!
    selamat mencoba teman teman!!!

  3. ocxie says:

    Fakta dan realita yang begitu sulit ketika kita ingin menghindari segala macam bentuk produk Kafir tersebut. Indonesia secara umum merupakan tempat peredaran paling besar dari produk-produk itu, dan sifat ketergantungan pada setiap pribadi muslim pun mulai sedikit lebih dari pada menggantungkan diri pada produk negri sendiri. Maka wajar jika kata boikot untuk hasil yang dibuat oleh para kafir tak pernah berhasil. Kali ini saudara-saudara kita di Palestina yang memiliki aqidah dan iman yang sama dengan kita harus menahan hujan peluru, lontaran nuklir, serta letupan bom yang membabi buta dari Israel sang kafir biadap, maka akan kah kita terus membantu mereka para kafir dengan produk itu? Tentu saja saya sependapat untuk memboikot nya… Jangan biarkan uang kita menjadi dana pembelian senjata nuklir untuk menghancurkan islam. Ayo mulai dari pribadi, dan kita pasti bisa…katakan tidak pada produk Kafir.

  4. monorawx says:

    gitu to…
    barang mahal semua..

    tapi kok ada arsenal segala..
    hahahha

    tu para the gunners ga boleh suka ma arsenal..
    hahahaha

  5. milham says:

    @bagus
    pesan yang bijak

    @Ocxie
    terima kasih yang mendukung, yang lain juga kan?

    @monorawx
    Say juga gak tau… tapi ngedukung kayaknya gak apa-apa, kan saya gak beli arsenal 😛

  6. iya nih.. kmaren pas ada yang ngirim d list of brands found out to donate money to Israel arm,, ada yang bilang itu semua bullshit..
    uugh,, bete dngernya,, tapi itu kan pendapat orang,, aku cuma bisa bilang lebih baik membantu walaupun nihil daripada sibuk ngebantah tanpa ngasi kontribusi apapun..

  7. ada yang mau mbeliin prosesor ndak? keliatannya saya harus ganti prosesor, tapi ndak punya duit 😀
    dicari: prosesor buatan glodok asli! 😆

  8. Ahmaddani says:

    Permasalahan tidak segampang itu. Mudah sekali memang membuat profokasi anti israel dan mendukung palestina di negri ini.

    Mungkin benar bahwa ada perusahaan yang mendukung israel, dan itu memang sangatlah logis. Yang menjadi permasalahan adalah listing yang diberikan.

    Jika listing yang diberikan salah, ini bisa menjadi sebuah fitnah. Dan Anda pasti tahu apa balasan sebuah fitnah.

    Jika menyebut listing perusahaan akan sangat adil bila yang diberikan merujuk pada situs tempat penelitian itu dilakukan sehingga ada yang jelas bertanggungjawab bila ada kesalahan. Bukan hanya surat kaleng.

    Persaingan usaha sangatlah keras, dan banyak cara melakukannya. Bisa saja listing ini dibuat sebuah (kumpulan) kompetitor perusahaan yang dilisting.

    komentar ini bukan berarti saya menentang aksi boycot produk yang berhubungan dengan israel. Tapi meminta lebih berhati-hati terhadap aksi profokasi yang mungkin kurang bertanggungjawab.

  9. Aswad says:

    Saya menyoroti penyataan antum:
    “Mudah-mudahan ini adalah hasil riset”

    Sebenarnya yakin atau tidak bahwa hal tersebut adalah hasil riset? Hati-hati terjatuh pada prasangka-prasangka yang tak berdasar.

  10. nona sheila says:

    @ahmaddani: saya setuju dengan anda 😀 (mudahan anda bukan ahmad dhani yang itu 😆 )

    @ilham : gah ham ham, untung dikau temen saya kalo nggak udah saya bash habis2an nih 😆

    begini ham, sebelum acara boikot memboikot dimulai saya ada pertanyaan,

    1. sperti kata sodara ahmaddani di atas, itu data perusahaan di atas dapat dari mana? kredibel gak? mreka nyumbang berapa2? kalo cuman dapet dari selebaran2 internet, ato dikasi taw temen wah, bahaya skali. lebih baik kita mencerna dan menyelidiki dulu sebelum menuduh, fitnah lebih kejam daripada membunuh. apalagi kalo yang membuat daftarnya berazaskan yang punya jewish = mendukung israel, bleh….

    2. kenapa perusahaan arab yang menopang ekonomi amrik juga gak diboikot? at least dikecam lah. banyak lo perusahaan arab di amrik yang kalo misalnya mreka cabut dari amrik, gw yakin ekonomi amrik bisa goyah dan mungkin dana bantuan perang ke israel bisa dipotong 😆

    3. danone membantu rakyat kita yang kekurangan air bersih, sebelum menuduh mreka dan bersemangat membantu korban palestin, sudahkah ilham membantu sodara2 kita setanah air?

    penyakit orang indonesia? penyakit terparah orang indon itu suka ikut2an tanpa melihat bener ato salah,ikut2an padahal gak ngerti permasalahannya yang penting ngikut…

    masalahnya ham, adalah bagi saya, bagi saya lo…
    memboikot produk tapi masih make adalah suatu sikap munafik. yah sebelas dua belas lah sama kelakuan roy marten yang make narkoba tapi koar2 narkoba itu bahaya etc.

    jadi selama saya masih make dan perlu itu produk, saya gak maw menjelek2an produk bersangkutan.

    apalagi kalo makan2 di kfc ato starbucks. itu kan cuman frenchise. kalo kita boikot produk mreka yang rugi kan sodara2 kita yang pribumi juga. jangan begitulah, apakah di negeri orang mreka menderita sodara kita di sini juga disuruh menderita?

    1. Kalo diperintahkan mangkel.

    Misalkan saya bilang: Boikot yahudi !

    pasti mencemooh, bilang gak mungkin, nonsense, segala macemlah. Ininya gak mau ngelakuin

    siapa yang merintah? kalo kamu sih jelas saya mangkel ham 😆

    saya punya alasan tersendiri soal ini, dan itu jelas.

    ya saya mencemooh, saya mencemooh orang2 yang bilang2 boikot tapi masih make. kalo ada orang yang bener2 gak make dan boikot pasti saya puji. lihatlah para freegan, saya kagum sama mreka, saya puji mreka, karena mreka konsisten. entahlah, lucu aja ngeliat orang2 teriak boikot di internet dengan make komputer yang prosesornya buatan yahudi. ato memboikot tapi boikotnya cuman barang2 yang gak mampu dibeli 😆 curang doong 😆

    saya bilang gak mungkin, untuk saat ini mungkin gak bisa diterapkan di indonesia. silahkan kalo maw negara indonesia dibikin sosialis baru bisa.

    saya bilang nonsense, karena yang koar2 soal boikot ini kebanyakan cuman NATO (not action talk only)

    saya gak maw lakuin, karena sumbernya gak jelas, risetnya gak jelas, dan masalah ini terlalu komplikated untuk disederhanakan.

    dan bagi saya gak smua yahudi jahat, mentang2 yang punya perusahaan yahudi=mendukung israel? terlalu sempit.

    benci orang jahatnya jangan benci kaumnya.

    benci perbuatan jahatnya jangan benci agamanya.

    jangan terjebak pada solidaritas buta, di sana menderita jangan membuat negara kita harus ikut menderita (terlebih kalo negara kita masih menderita juga)

    peace for all, say no to war

    p.s : saya baca blok dikau pas lagi makan kfc dan minum aqua 😆

  11. Ahmaddani says:

    Saya Ahmaddani yang ini. Insya Allah Ilham tahu siapa saya, awal bulan ini saja dia pernah main ke rumah saya. Saya tidak memberi tautan bukan karena tak bertanggungjawab, cuma belum siap ngeblog, nunggu hasilnya dari Ilham yang belum kelar juga..

    @nona sheila Nggak semua yahudi jahat? mungkin benar. Tapi kalau semua orang Israel jahat, keknya saya diharuskan untuk setuju. Mungkin anda harus mempelajari lebih dalam bagaimana israel berdiri.

    Komen saya buat ilham hanya saya tujukan untuk lebih berhati-hati saja dalam membuat postingan. Bukan berarti saya mendukung israel, tidak sama sekali. GO TO HELL ISRAEL. cuma seharusnya dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Karena bila kurang berhati-hati malah ajakan pro palestina ini telah disusupi oleh orang israel.

  12. astra_steay says:

    WAH ADA TEMEN JUGA AKHIRX!!!!!!!!
    kukira aq sendirian dalam aksi “melawan setan”!!

    tp klo kita langsung membabi buta main boikot kykx gk bs deh bro!!

    LANGKAH PERTAMA KAYAKNYA MULAI DULU DENGAN “PRIDE” DG MADE IN LOKAL!!!!! APA PUN ITU!!
    TRUS RUBAH DEH LIFE style KITA!!!!
    UBAH JG “MINDED” KITA TTG BARANG IMPORT LEBIH BAGUS, DIGANTI DG “LOCAL IS D BEST”
    POKOKX FIRST STEP MULAILAH DG SUPPORT LOCAL!!!!!!
    [BAIK ITU MUSIK INDIE, FASHION, FOOD, DLL]

    kita jg jangan langsung mengAGITASI seperti ini!,
    klo maslah kyk gini lebih baik propagandakan ke orang2 sekitar aj dulu. dg “kita” sebagai contoh kongritx
    BULLSHIT!!!!! alasan TAI KUCING!! klo ada yg bilang “GK MUNGKIN” bisa!!! [blm pernah ketemu sy sih! hwakakaka…],itu hanya alasan buat menutupi “ketergantungan” mereka terhadap “barat”!!!

    ~fyi:
    os ku pke UBUNTU & xp “bajakan”
    hpeku hp brand local[mesin cina]& dopod[ gk termasuk kan?!]
    bajuku semua made by underground comunnity& sablon sendiri!
    pokokx semuax jarang deh yang “wah” sabun+sikat gigi+odol+apa2x bukan yg uniliver!![bisa kan!]
    semua itu kulakukan hanya untuk konsumsi “idealisku” saja!!

    diluar masalah bener gakx, yg penting kongkritx bukan “nggomongx”!!

    ===============================================
    buka jg:
    http://www.akhirzaman.info

    lengkap jg kykx infox!
    propagandakan jg klo bs!!!

  13. data islam says:

    ada NOKIA, INTEL, JOHNSON & JOHNSON mau pake apa lo? maku pake HP kayu? gak pake komputer? bayi lo di bedakin pake tepung? barang2 mereka tuh emang bermutu gak usah lo pungkiri kale! kalo lo mau boikot ya silahkan! jadi orang primitif aja lo!

    GO ISRAEL GO!
    GOD BLESS ISRAEL

  14. Kuncinya satu CIntailah Produk Indonesia yg pasti ga bakalan nyumbang Israel..Peace..

Leave a Reply

Categories

Dear Reader

Online  Free Image Share Hosting

"Do the Best let's Allah do the rest"
-Muhammad Ilham-

Ini hanya journal kehidupan saya. Saya menulis tentang hal yang menarik dan saya senang menulisnya.

Saya menulis tentang hal-hal yang saya yakini, atau sekedar yang sudah saya alami, TErkadang saya menulis yang saya ingin pelajari Saya suka berdiskusi, namun tidak menyukai perdebatan.

Mari wujudkan hidup yang damai, tentram di bawah naungan iman dan islam.

Lebih dan kurangnya terima kasih sudah berkunjung di journal sederhana ini. Untuk mengetahui saya lebih lanjut, silahkan lihat Profil saya

Atau:

Demi Masa

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
